Posted by: adhi003 | June 16, 2007

koreksi wahhabi

Koreksi Gelar “Wahhabi”

Wahhabi bukanlah sebuah gelar yang dicetuskan oleh pengikut Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, namun dari musuh-musuh dakwah, baik karena politik saat itu seperti Turki atau para pecinta kesyirikan dari kalangan kaum Sufi dan Rafidhah dengan tujuan melarikan manusia dari dakwah yang beliau embank dan menggambarkan bahwa beliau membawakan ajaran baru atau madzhab kelima yang menyelisihi empat madzhab.

Al Ustadz az Zirikli mengatakan dalam biografi syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab : “Musuh-musuh mereka menggelari dengan Wahhabiyyun nisbat kepada beliau. Gelar ini sangat popular di kalangan orang Eropa, sehingga masuk dalam kamus modern mereka. Sebagian mereka salah ketika menganggapnya sebagai madzhab baru dalam Islam karena meniru kedustaan para musuhnya, lebih-lebih para da’i yang didukung oleh Turki Utsmani”

Kalau mau dicermati, gelar ini sebenarnya salah kaprah ditinjau dari berbagai segi :

  1. Bahasa

Apabila ditinjau secara kaidah bahasa Arab, gelar Wahhabi nisbat kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab adalah keliru. Nisbat yang benar –kalau mau jujur- adalah “Muhammadiyyah”, karena nisbat kepada namanya Muhammad, bukan ayahnya yang tidak ada sangkut pautnya yaitu Abdul Wahhab.

Sangat aneh, gelar ini diingkari oleh orang-orang Nejed, hal ini menunjukkan kepada kita bahwa gelar ini hanyalah impor dari luar Nejed yang disebarkan oleh musuh-musuh dakwah, terutama Turki waktu itu.

Meskipun begitu, ternyata Allah menghendaki nama Wahhabi sebagai nisbat kepada al-Wahhab (Maha Pemberi), yang merupakan salah satu nama Allah Subhanahu Wata’ala

  1. Sejarah

Mengekor dari kesalahan di atas, maka gelar ini memiliki dampak negatif lainnya yang tidak kalah parahnya, yaitu penyelewengan terhadap sejarah, sebab banyak para sejarawan yang akhirnya menisbatkan dakwah ini kepada ayah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, bukan kepada dirinya. Contohnya : Farid Wajdi dalam Dairah Ma’arifnya juz kesepuluh, dia mengatakan : “Wahhabiyah adalah sekelompok kaum muslimin yang mengikut seorang bernama Abdul Wahhab di Arab”.

Bahkan dalam Kitab al-Alam yang ditulis oleh para doctor Amerika dari berbagai bidang : sejarah, filsafat, dan sastra, mereka mengatakan : “Mereka adalah sekelompok kaum muslimin di Jazirah Arab yang mengikuti ajaran Abdul Wahhab, pembaharu yang muncul pada tahun 1945 M. masih banyak lagi lainnya yang terjerumus dalam kesalahan ini. Hal ini tidak lain karena gelar dan penisbatan yang tidak sesuai kenyataan”.

dikutip dari buku

Meluruskan Sejarah Wahhabi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: